Membaca Al Hikam Dengan 2 Rasa


Seingatku aku pertama kali membaca terjemahan Al Hikam Kitab masyhur yang ditulis ulama kenamaan Ibn Atha’illah As Sakandary sesaat setelah lulus dari SMA, itupun pinjem dari teman. Walaupun saat itu sudah mulai ‘mengguncang’, dan cukup memberi warna dalam jiwaku, namun esensi itu terasa lain ketika tanpa sengaja alias kebetulan (tapi adakah kebetulan tanpa dalam genggaman KebenaranNya?)
Sebulan yang lalu ketika diajak seorang temen ke Toko Buku UD Halim. Awalnya pengen beli Cinta Bertasbih-nya Kang Abik, tapi ketika membaca sinopsisnya dibelakang bahwa ada kelanjutannya aku jadi ragu sendiri, bukan masalah isinya, untuk Kang Abik karyanya “Quality Guarranted” deh, tapi takutnya buku setebal itu bisa langsung abis dalam sehari dua hari, sementara sambungannya belum ada, takutnya ntar ‘menggantung’ (tapi yang jelas masalah utamanya adalah kangker alias kantong kering), ketika mata ini lebih terbuai oleh sebuah Buku Al Hikam Rampai Hikmah Ibn Atha’illah Disertai Ulasan Syekh Fadhalla Haeri Penerbit Serambi.

Sebenarnya banyak versi Terjemahan Al Hikam ini, namun yang membuatku lebih tertarik adalah ‘guarrantee’ dari KH Mustofa Bisri, (ulama kesayangan saya) disampulnya. Trus dihalaman pertama persis setelah membuka sampul terdapat tulisan yang cukup menggelitik,

“……bila buku demikian bermutu, tiada yang lama atau yang baru, yang ada, Anda belum membacanya….”

Boleh juga himbauannya…dan ‘memaksaku’ untuk merogoh kocek beli buku ini. (tentu dengan sepenuh hati).
Kalau saya pernah membaca Al-Hikam versi pertama saya, membuat degup jantung saya serasa ‘mengguncang, untuk yang kedua ini saya harus menangis berdarah-darah…. Luar Biasa….Nikmat tiada Tara….
Awal ketertarikan saya untuk membaca lagi Kitab Terjemah Al Hikam adalah sebuah pengajian dari seorang ulama KH Luqman Al Hakiem di MAS setiap hari Sabtu pekan terakhir setiap bulannya. Sekali pertemuan membahas satu bagian isi Al Hikam. Subhanallah…satu aja nggak habis dibahas hampir dua jam, bahkan kadang lebih. Sehingga membuatku penasaran lagi untuk membaca Al Hikam, kitab kelas berat yang sangat legendaris itu. Soalnya kalau harus menunggu ulasan sebulan sekali dengan satu ayat saja, lama bo! Tapi bagaimanapun pengajian yang dibawakan oleh KH Luqman Al Hakiem tetep punya bobot ‘rasa’ yang beda.
Pertama kali buku ini terbeli sebenarnya masih belum ada ‘keinginan’ untuk membacanya, (karena saya masih punya utang baca buku Mas Agus Sunyoto, Rahuvana Tattuwana, novel lumayan tebel ), dan buku terjemahan Al Hikam itu tersimpan dilaci meja kantor, dan lagi-lagi buku ini memang harus kubaca, ketika saya harus bersih-bersih laci n kutemukan buku ini.

Hari Jum’at kubawa pulang, sehabis sholat dengan Bismillah semoga saya mendapatkan sesuatu yang berharga dari buku ini, kumulai membacanya, dan dari halaman pertama hatiku sudah langsung digebrak…dengan kalimat

Min ‘Alaamaa til I’timaadi ‘alal ‘amal nukhshoonur rojaai’indawujuudizzali
Salah satu tanda bergantung pada amal adalah berkurangnya harapan tatkala gagal
Atau saat saya harus terpenthung dengan kalimat :
“Keinginanmu untuk lepas dari urusan duniawi, padahal Allah membekalimu dengan sarana penghidupan adalah syahwat yang samar, Sedangkan keinginanmu untuk mendapatkan sarana penghidupan, padahal Allah telah melepasmu dari urusan duniawi adalah suatu kemunduran dari cita-cita luhur”

Terjemahan bebas dari kalimat-kalimat itu bisa kau tanyakan pada qalbumu (istafti qalbak) karena sesungguhnya guru terbaik ada dalam dirimu sendiri. Insyaallah akan saya tulis lengkap terjemahan Al Hikam ini di lain kesempatan, karena buku itu baru terbaca separuhnya, tersendat karena setiap membaca kalimatnya saya masih harus terus menata hati untuk melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya.


13-05-07

About these ads

  1. Bagus banget artikelnya

  2. matur nuwun, mas atau pak, atau malah mbak? heheh piss salam kenal…

  3. moeltazam

    sinari hati dengan budi pekerti yang luhur…
    nderek mampir mas.. moga2 kita selalu dalam hidayahnya..

  4. Salam,,

    saya juga sering nangis klo baca “tudingan-tudingan” di Al-Hikam..benar-benar menusuk hati..tapi abis itu ringaaaaaan banget hati jadinya..

    emang bener, tidak ada buku lama atau baru, yang ada kita belum sempet baca.

  5. handa

    Al hikam emg the best dikala hati sedang pengen pencerahan buku itu sanggup memberikannya,buku itu sepeti air yang menghapus dahaga….

  6. A Taufiq

    Menurut pengalaman saya, Kitab Al HIKAM masih merupakan kitab Terbaik yang pernah saya baca.

  7. ricky.M

    Alhamdulillah….

    Akhirnya saya menemukan juga para sahabat-2 yang menyenangi buku Al-Hikam ini…Setelah 5 tahun berselang…semoga kita bisa saling bersilaturahmi melalui kitab yang hanya dapat dibaca dengan ‘hati’ ini…..dan hanya dapat dipahami dengan rahmat-Nya….Saya selalu menangis jika saat-2 membacanya tapi tidak dapat terbuka maknanya….tapi memang tidak setiap saat makna dari kalimat-2 itu dapat ‘terbuka’..kecuali dengan izin-Nya…Mohon pencerahannya dari Saudara-2ku yang lebih dapat membukanya….Wassalamu’alaikum Warahmutullahi

  8. robiatul adawiyah

    saye org malaysia…saya nak sgt bce kitab al-hikam tu….tp there’s no chance to get the kitab..i am really want to know obout the content of al-hika…mohon dibantu ya….

    jazakallah…

  9. MasUz

    Saya juga penggemar karya beliau, walaupun baru mendengarkan dari ustad, setiap sabtu pagi.

    bisa download juga di sini:
    http://www.dhuha.net/en/downloads/ebook-islam/al-hikam

  10. Alhamdulilah komunitas Al-Hikam ternyata banyak juga
    Saya paling suka dengan Al-Hikam walau hanya baru
    bisa mendengarkan dari Ustad Lukman.

  11. AH Hanafiah

    Tasawuf emang kajian yang menata hati, aq pingin beli cd nya, biar bisa dengerin kalo lagi jalan

  12. khainur

    saya senang mempelajari al hikam seperti halnya allah s.w.t yang maha pengasih dan penyayang, dan saya tak pernah takut padanya, justru sebaliknya saya sangat mencintai dan menyayangi serta selalu melingdungi kehendaknya

  13. muhammad irwansyah

    salm kenal dari iwan, semoga kita bisa saling komunikasi dgn anda, krn saya ingin blajar banyak dr anda. wassalam…

  14. Alhamdulillah akhirnya ketemu dengan komunitas pencinta Al-Hikam. Awal ketemu Al Hikam memang karena Accident ( tanpa di sengaja ) kemudian keterusan sampe sekarang…, semoga kita bisa memahami dan mengamalkan dalam keseharian
    apa yang ada dalam kitab Al Hikam tersebut Aaamiiin.

  15. Assalamualaikum wr.wb

    Salam cinta untuk sang pencari…
    Semoga selalu dalam naungan dan cintaNya……
    ada sedikit info, pondokan2 penuh cinta….silahkan mampir kalau ada waktu…

    http://pengembarajiwa.wordpress.com/

    http://surrender2god.wordpress.com/

    Wassalam…

  16. Salam kenal selalu

    Saya sangat suka dengan kitab al hikam dan fathur rabanninya syech Abdul Qadir al-Jilany…
    Membacanya bikin hati dag dig dug…penuh harap dan takut pada Allah…

  17. Fitri

    Assalamu’alaykum warahmatulah wabarakatuh

    Saya tertegun, ternyata pengetahuan saya tentang ALLAH SWT sangat sedikit. Bagaimana mau berdakwah sedang ilmu tauhid saja belum matang.

    Bagi yang mau menjadi rekan dakwah bisa sharing lewat email saya.

    Salam ukhuwah.

  18. Endang

    Assalamu’alaikum… Saya ingin sekali mengikuti pengajian Al-Hikam, tolong minta alamatnya. tks. Wassalamu’alaikum…

  19. Waalaaikum salam wr wb.
    kebetulan saya ada di Surabaya, setahu saya pengajian Al Hikam bisa diikuti di MAS setiap hari Sabtu minggu terakhir jam 15.00 sd selesai, oleh KH Luqman Al Hakiem.

  20. handa

    assalamu alaikum w.r w.b ana lagi nyari terjemah alhikam, mohon kiranya bisa bantu dimana bisa mendapatkannya.
    sukron katsiran.wassalamu alaikum

  21. kayaknya di toko buku semacam Gramedia banyak deh mbak, n banyak versi. Kebetulan yang saya baca diatas adlh Ulasan Syekh Fadhalla Haeri Penerbit Serambi, saya dapetnya di Toko Buku UD Halim di Kawasan Ampel, Mbak di Surabaya?

  22. 1997 kami lulus SMA culun2 dateng ke Pati utara, sowan ke beberapa guru sufi. beliau2 nih sempet sebut Al Hikam. hmmm Al Hikam yang ini kali ya?

    tahun 2002, ada temen kuliah waktu di jogja yang minta dianter ke Pati utara lagi, dan lagi2 beliau sebut Al Hikam. Al Hikam yang ini kali ya?

    regards,
    ahmad al ifham sholihin

  23. @ifham ; ini ngetes apa nanya ya?
    wong njenengan ada di pusarannya ngono kok!

  24. nasrudin

    allah itu maha sepaktakuler

  25. bimo

    mas saya udah cari muter2 di surabaya (Gramedia, Uranus, Manyar, Blauran, Jl. Semarang, UD Halim, Hikmah perdana, Jl. Sasak – Ampel, Progresif, bahkan saya sampai kontak penerbit serambi) tapi gak ada yang punya. Padahal saya ingin mempelajari buku itu (Al Hikam yang dikomentari oleh Syekh Fadhalla Haeri, yang diterbitkan oleh Serambi). Ada saran mas ? Posisi di surabaya. Email saya bhyma.sakti@yahoo.com

  26. Agus N. Wiharto

    Beli Terjemahan Al Hikam dalam bahasa Indinesia, Dimana Ya..?

  27. Irfan d kebumen

    Al hikam……..!
    Eemmmmmm……..!
    Jd pengen tau nih p isinya.

  28. wawan

    saya belum tahu banyak tentang al hikam, apa lagi kandungan yang ada di dalammya.. tapi semakin lama saya merasakan inilah panduan yang paling realistis untuk seorang muslim modern yang ingin selamat dunia akhirat…. amin

  29. saya belum baca terjemahan al hikam sampai habis,
    makasih sudah mengingatkan :)

  30. Mas.. buku alhikamnya covernya gimana? soalnya banyak versi apakah seperti yang disini? http://www.kutukutubuku.com/2008/open/4880/al_hikam

  31. Zainal Tohar

    Tahukah kalian aku mendapat tahu buku al Hikam ini melalui mimpi..akhirnya ku temui diperkarangan masjid P. Klang. Iaitu kira2 7 tahun yang lalu..hari ini sebahagian kefahamannya menjadi panduan kehidupanku.

  32. kuswanto

    Saya terus terang belum pernah membaca dari buku alhikam, saya hanya mendengarkan aja dari pengajian dari Uztad bustomi dari pasuruan, memang Alhikam Sangat Baik Sekali untuk Keimanan dan Ketahukitan. betul-betul bagus Isi Kitab Alhikam. Trim ya Mas Info nya.

  33. masagung

    Saya jga kadang ikut pengajian al-hikam kyai Lukman di Tangerang, mohon klo ada artikel mbok saya dikirimi via email gtu…ohh ya kyai yg didaerah Pati tepatnya dimana n siapa yac
    mohon bantuan!!!

  34. zaenul hidayat

    Great!!

  35. e-dunk

    blh ikutan nimbrung, ana jg seneng al-hikam.boleh dong crita lebih lanjut.

  36. ahmad syukur

    Alhamdulillahi rabbal alamin, salam kenal

  37. Sandy Rizkullah

    Assalamu alaikum wrwb.
    sy sangat menginginkan buku ini(terjemahan kitab al-khikam,tapi sampai detik ini sy blm bisa mendapatkannya,sy tanyakan di toko2 buku pun ngga ada,mereka semu menjawab coba cari ke pesantren..di toko manakah saya bisa mendapatkannya sy tingagl di kota medan,terima kasih atas informasinya,jika ada yg tahu
    wassalam

  38. luar biasa.. Kalo dibaca tengah malam

  39. ysp

    Assalamuallaikum…para pencari ridho alloh…klo boleh saran…kitab al hikam adalah kitab Ч∂ng membahas ketauhidan,dimohon untuk mencari guru pembimbing dalam mempelajarinya..sedikit informasi pondok pesantren kedunglo kota kediri jatim,telp.(0354)771018,774511 menerbitkan pengajian kitab al-hikam dan kuliah wahidiyah,oleh al mukarrom mbah KH.Abdul Madjid Ma’roef…smoga bermanfaat…wassalam…

  40. klau sya referensinya kh jamalauddin ahmad tambak beras jombang juga pas adem file mp3 buanyak juga studio ebien online juga ada dala bhs jawa. masya’alloh teduh sekali bila denger pengajian beliau.

  41. aku sih…! belum pernah baca buku Al hikam, tapi kalau dengarkan cd al hikam hampir 5 ratus judul sudah aku dengarkan setiap satu judul setengah jam. kajian Kh bustomi Yasyid Alhamdullillah membuat peubahan untuk saya.

  42. Meyapa para “Pecinta”

    Assalamualaikum

  43. salam ukhuwah,,hanya amal agama yang membuat kita jaya

  44. mudah2an kita sllu d beri hidayah olelh ALLOH SAW.

  45. Herman Royal

    tetapi membaca buku tanpa guru………hati2 bisa2….sulit dan hati tanpa bimbingan seorang mursid//guru…..mustahil akanbisa hanya akal yang otak atik ini yg bisa menjerumuskan kita…mudah2an kita sllu d beri hidayah olelh ALLOH SAW. …… Amin….Amin…Amin yarobbal alamin…….

  46. salam ukhuwah untuk pencinta kitab al hikam

  47. ibnu athaillah dlam alhikam menyarahkan
    Diantara nafsu dibalik taat yang menimbulkan dosa dan hijab antara lain: 1. Mengandalkan amal ibadahnya, lupa kepada Sang Pencipta amal.
    2. Bangga atas prestasi amalnya, lupa bahwa yang menggerakkan amal itu bukan
    dirinya, tetapi Allah swt.
    3. Selalu mengungkit ganti rugi, dan banyak tuntutan dibalik amalnya.
    4. Mencari keistemewaan amal, hikmah dibalik amal, lupa pada tujuan amalnya.
    5. Merasa lebih baik dan lebih hebat dibanding orang yang belum melakukan amaliyah seperti dirinya.
    6. Seseorang akan kehilangan kehambaannya, karena merasa paling banyak amalnya.
    7. Iblis La’natullah terjebak dalam tipudayanya sendiri, karena merasa paling hebat
    amal ibadahnya.
    8. Menjadi sombong, karena ia berbeda dengan umunya orang.
    9. Yang diinginkan adalah karomah-karomah amal. 10. Ketika amalnya diotolak ia merasa amalnya diterima




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: