Mengaji Al Hikam : 21


Engkau meminta dari Allah berarti menuduhNya. Engkau meminta kepadaNya berarti mengumpatNya. Engkau meminta kepada selainNya berarti engkau tak punya rasa malu kepadaNya. Dan engkau meminta dari selainNya berarti engkau jauh darinya.

Al Hikam : 21

Ayat ke 21 al Hikam diatas Atha’illah banget, kekuatannya ada pada ironinya, dan saya sangat menyukainya karena begitu menohok ulu hati saya!. Membacanya membuat saya jadi mualuuu soro! Betapa seringnya kita premanin Allah. Meminta kepadaNya dengan nada menodong! ‘Ya Allah aku kan sudah baik sama si anu, saya sudah nyumbang masjid sekian juta, saya sudah pelihara anak yatim, kenapa kok aku masih begini-begini saja, malah yang aku tolong sekarang kehidupannya sudah lebih baik dari aku!’ Betapa seringnya kita berlaku tak sopan kepada Allah. Tingkah kita tak lebih sebagai pengamen. Pengamen saja terkadang masih mempunyai kesopanan kepada yang memberinya receh, lha kita kadang kebablasan menjadi preman, itu yang menyedihkan!

Yang lebih soro lagi kalau todonagn kita kepadaNya ‘tidak mendapat tanggapan’ lalu kita malah lari kepada hal-hal selainNya. Habis dah kita!

Yang terjadi adalah kesabaran kita yang nisbi sekali. Padahal kita sudah menyadari, kita sudah tahu ilmunya, namun ternyata hati kita masih saja tertutupi dengan hal-hal remeh temeh. Kita lebih mengharapkan ‘a gift’ dari Allah, daripada kemuliaan cintaNya.

Padahal justru kesabaran kita dalam menunggu itulah nilai tertinggi dihadapan Allah. Bila kita bersabar atas kehendakNya, maka keadaan apapun sudah menjadi kurang penting, ‘a gift’ sudah bukan hal yang menyilaukan mata zahir kita, karena mata zahir tadi telah tertutupi oleh pesona cintaNya yang absolut dan tanpa batas. Kenikmatan seperti itu yang akan lebih membuai mata batin kita! Semoga!

Wallahua’lam

18 Ramadhan 1432 H/ 18 agustus 2011

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: